Sabtu, 23 Januari 2016

ASAM AMINO !



Asam amino adalah senyawa organik yang mengandung gugus amino dan gugus asam (biasanya asam karboksilat). Terdapat sekitar 500 jenis asam amino yang sebagian besar adalah non-fisiologis. Selain itu, banyak asam amino fisiologis penting tidak digunakan dalam protein. Namun, dalam biokimia, istilah “asam amino” umumnya mengacu pada salah satu dari 20 jenis unit monomer yang paling umum digunakan untuk membangun protein.

Semua asam amino memiliki struktur kimia yang mirip, berisi sebuah atom karbon pusat dan karbon ini terpasang sebuah gugus karboksil, yang terdiri dari karbon dan oksigen, dan gugus amino yang terbuat dari nitrogen dan hidrogen. Asam amino yang dihubungkan oleh ikatan kimia yang disebut peptida membentuk protein. Ikatan ini sangat sulit dipecahkan, namun asam, enzim, dan agen lainnya mampu memecahkan ikatan tersebut misalnya saat proses pencernaan. Rantai samping pada asam amino memberikan sifat kimia yang berbeda pada masing-masing yang mempengaruhi bbagaimana berinteraksi ketika dimasukkan ke dalam molekul protein dan bagaimana sel-sel mencernanya.

Jenis Asam Amino

Asam amino dibagi menjadi 3 jenis, yaitu:
  1. Asam amino esensial yaitu asam amino yang tidak dibuat oleh tubuh sehingga kebutuhannya dipasok dari makanan. terdapat 9 jenis asam amino esensial yaitu: histidin, isoleusin, leusin, lisin, methionin, phenilalanin, treonin, triptophan, and valin.
  2. Asam amino non esensial yaitu asam amino yang diproduksi tubuh dan mencukupi kebutuhan walaupun tidak diperoleh dari makanan. jenis asam amino non esensial adalah alanin, asparagin, asam aspartat, and asam glutamat
  3. Asam amino kondisional adalah asama amino yang biasanya tidak esensial kecuali saat sakit dan stress. Jenis asam amino ini adalah: arginin, sistein, glutamin, tyrosine, glisin, ornithin, prolin, and serin.

Sumber :  http://kb.123sehat.com/asam-amino/asam-amino/

22 komentar:

  1. kunjngi blog kami juga gan http://titlepbnabiel.blogspot.co.id/

    BalasHapus
  2. sist asam amino nama bagus nya yah ? :v

    BalasHapus
  3. ciee ^_^ anak kimia nian ayuk ko :D

    BalasHapus
  4. kak maria bantu komen blog adek juga dong

    BalasHapus
  5. kak maria gimana sih biar hubungan itu awet?:v

    BalasHapus
  6. Kakak" cantik kunjungi blog kita juga dong alvianayuni25.blogspot.com

    BalasHapus
  7. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus